Copyright 2019 - Biro Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK)

Language Development Center

Asah Diri dengan Simulasi Konferensi

Sabtu-5 Januari 2019 bertempat di Gedung J Fakultas Psikologi, Language Development Center Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LDC-UMP) bekerjasama dengan mahasiswa English Elite Class Angkatan 2018 menyelenggarakan sebuah kegiatan akademik bernama The First UMP Progressive Youth Conference 2019. Tema konferensi ini adalah Encouraging the Millennial to be More Academically Potential. Peserta konferensi ini adalah mahasiswa-mahasiswi yang terseleksi dari semua program studi di UMP (kecuali Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Sastra Inggris) yang memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata mahasiswa UMP lainnya.  

Bustanuddin As Suaidy, S.S., M.A., selaku Kepala Program Pengayaan Bahasa Inggris sekaligus sebagai koordinator acara menyampaikan bahwa program Pengayaan Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh LDC UMP telah menggunakan standar CEFR dalam kurikulumnya, bahan ajar juga telah disusun sebaik mungkin. Standarisasi pembelajaran menjadi konsekuensi implementasi kurikulum tersebut. Hal ini menuntut manajemen LDC melakukan pengelompokan belajar sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris peserta didik. Mahasiswa/i yang memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata-rata dikelompokkan secara khusus di kelas-kelas yang bernama English Elite Class. 

Di tahun akademik 2018/2019 ini, English Elite Class menjadi angkatan ke-3 (tiga). Bentuk assessment (penilaian) lisan dalam program tersebut adalah presentasi oral berbahasa Inggris dengan materi-materi akademik yang berbeda sesuai dengan jurusan/fakultas dari anggota English Elite Class tersebut. Presentasi oral tersebut dikemas dalam sebuah simulasi forum akademik yang bernama The First UMP Progressive Youth Conference 2019 dengan tema Encouraging the Millennial to be More Academically Potential.

Konferensi ini diawali dengan acara pembukaan dan Plenary Session. Saefurrohman, Ph.D. selaku Kepala LDC-UMP menjadi keynote speaker dengan tema presentasi berjudul The Youth and the Challenge of the Future. Beliau menekankan bahwa mahasiswa/i UMP sebagai bagian dari pemuda/i Indonesia, agar mampu berperan positif sesuai dengan porsinya; pemuda/i yang juga menjadi kaum pintar dan bijaksana dalam pemanfaatan teknologi informasi di era sekarang. Parallel session dilaksanakan di 6 ruang yang berbeda dan semua anggota English Elite Class menjadi pemateri dengan bahasa Inggris akademik yang fasih. 

Hadir dalam event tersebut 3 (tiga) mahasiswa English Elite Class angkatan 2017/2018 yang merupakan mahasiswa terbaik di angkatannya. Mereka mendapatkan penghargaan untuk melakukan presentasi akademik berbahasa Inggris di sebuah kolokium yang diselenggarakan di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 24 Januari 2019. Ketiga mahasiswa terbaik tersebut adalah Yasinta Unggul S. (Prodi Pend. Matematika S1), Muhammad Wahyu A. (Prodi Farmasi S1), dan Alya Nailah S. (Prodi Farmasi S1). Acara kemudian ditutup dengan sesi Plenary kedua dengan penyaji ketiga mahasiswa berprestasi tersebut. Diharapkan acara ini dapat memberi pengalaman akademik berbahasa Inggris secara langsung kepada semua mahasiswa English Elite Class khususnya, dan umumnya bagi mahasiswa Program Pengayaan Bahasa Inggris di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. (Suaidy/LDC)

f t g m

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239