Program Pengayaan Bahasa Inggris

          Program Pengayaan Bahasa Inggris (PPBI) dicanangkan oleh Rektor UMP pada Dies Natalis Universitas Muhammadiyah Purwokerto ke-35 pada tahun 2000. Program ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kompetensi mahasiswa UMP untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kompetensi tersebut diperlukan dalam interaksi sosial dan akademik pada tingkat regional dan internasional. Secara khusus, PPBI ini diperuntukkan bagi mahasiswa UMP non-Prodi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris semester satu (1) sampai empat (4). Saat ini, PPBI diatur pelaksanaanya sesuai dengan Peraturan Rektor UMP Nomer 3 tahun 2021 tentang Language Development Center (LDC).

         Untuk mencapai tujuan program ini, kurikulum PPBI mengadopsi kerangka Common European Framework of Reference (CEFR). Kerangka ini merupakan standar internasional yang mendeskripsikan kompetensi (pengetahuan dan kemampuan) berbahasa Inggris peserta didik. Selain itu, kerangka ini juga digunakan dalam pengajaran dan penilaian kompetensi berbahasa Inggris. PPBI menjadikan kerangka ini sebagai acuan untuk mendesain struktur dan isi kurikulum yang terefleksi pada sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dan penilaian. Berdasarkan kerangka CEFR ini, PPBI menggolongkan kompetensi peserta didik menjadi delapan tingkat kompetensi – Starter, Elementary, Pre-Intermedite, Intermediate, Upper-Intermediate, Advanced low, Advanced mid, Advanced high. Setiap level memiliki karakteristik tertentu yang membedakan satu level dengan level yang lebih tinggi.

          Mahasiswa baru UMP Angkatan 2021 Program Studi S1, D3 dan D4 Non-Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris mengawali program akademik ini dengan mengikuti English Placement Test. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui level kemampuan bahasa Inggris mereka mengelompokkan mereka sesuai dengan level-level tersebut di atas, dan mempermudah proses pengelompokkan belajar pada PPBI tahun akademik 2021/2022